First Expired First Out

Sumber : distribusi

Dalam teori-teori mengenai pergudangan istilah flow produk yang sering digunakan adalah FIFO dan LIFO. FIFO yang berarti yang pertama kali masuk harusnya yang pertama kali pula yang diprioritaskan untuk keluar. Sebaliknya LIFO berarti yang terakhir kali masuk justru yang pertama kali keluar. Biasanya konsep yang banyak digunakan adalah FIFO, wajar saja yang pertama kali antri pastinya yang harus dilayani. Tapi bagaimana jika produk yang dimaksud berupa “Pasir” yang hanya diletakkan di suatu tempat besar. Tidak mungkin kita mengambil bagian bawahnya terlebih dahulu kan, sehingga yang pertama kali dikeluarkan pastinya yang bagian atas.

Hal yang berbeda terjadi untuk produk-produk makanan, minuman, obat-obatan, alat kesehatan ataupun produk-produk yang memiliki masa kadaluarsa seperti Voucher pulsa. Walau pada dasarnya menggunakan konsep FIFO, tapi ketika produk tersebut mengalami perpindahan gudang yang cukup sering bahkan bisa terjadi bolak-balik keluar masuk gudang yang sama maka tidak menutup kemungkinan produk yang terakhir kali masuk justru memiliki masa kadaluarsa lebih awal. Kok bisa?

Ilustrasi

Anggaplah contoh minuman dalam kemasan memiliki kadaluarsa bulan Januari 2010 tiba di gudang bulan ini. Sesuai dengan lancarnya permintaan produk tersebut didistribusikan ke gudang-gudang cabang di seluruh pelosok tanah air bahkan sudah sampai juga ke pedagang eceran. Seiring berjalannya waktu, persaingan minuman dalam kemasan cukup tinggi akibatnya penjualan di daerah sulewesi sangat jelek karena kalah dengan produk lokal. Karena masa kadaluarsa sudah semakin dekat, tentunya sangat disayangkan jika minuman tersebut dibiarkan tidak bergerak di sulawesi. Kebetulan penjualan di Jakarta lebih baik, sehingga perlu dipertimbangkan minuman tersebut ditarik kembali ke gudang jakarta. Padahal gudang Jakarta saat ini sudah menyimpan produk minuman dengan masa kadaluarsa Januari 2012. Alhasil produk yang terakhir masuk di gudang Jakarta saat ini adalah produk yang akan expired pada tahun 2010. Dengan kondisi seperti ini, maka produk yang diprioritaskan untuk keluar gudang terlebih dahulu adalah yang memiliki masa kadaluarsa paling dekat.

Syukurnya aplikasi WMS yang sudah beredar saat ini sudah menunjang untuk proses FEFO ketimbang FIFO yang konvensional. Bahkan saat ini hampir seluruh produk akan mulai mengarah pada sistem FEFO walaupun untuk produk spare-part sekalipun. Tentu saja FEFO ini diperlukan untuk fungsi gudang yang banyak berfungsi sebagai hub keluar masuk dari berbagai sumber.

FEFO mungkin saja akan berdampak pada sistem accounting, terlebih jika terjadi perbedaan harga. Bagaimana implikasinya di accounting? bisa saja ternyata diterapkan dengan konsep FIFO atau LIFO (pada sistem accounting konvensional) . Tapi dengan adanya ERP saat ini, pencatatan tiap produk sangat mungkin dilakukan hingga tingkat yang paling detail.

8 thoughts on “First Expired First Out

  1. Receiving Retur ya? Mas management trainee?
    Agak sulit juga sih receiving retur, terlebih di jaman sekarang, dimana supplier layaknya raja…boleh juga nih kalao iwan nulis2 tentang logistik juga..tulisan logistik ku mandeg..sekarang di DC mana?

    Suka

    • Saya bukan MT mas, cuman pelaksana di lapangan kok. Kalo di tempat saya, semua supplier bukan raja, soalnya kita sama-sama butuh Dan ada sistem kontrol semacam service level untuk mengukur seberapa persen kemampuan supplier untuk memenuhi permintaan kita. Dan itu pun pasti ada report penilaian bulanan dari manajemen. Oke mas Ari, kita sama-sama cari informasi mengenai logistik ya, saya tunggu informasinya… Sekarang aktif di DC Surabaya mas..

      Suka

        • Boleh mas, silakan ditambahkan juga jika ada informasi yang lebih.
          Bener yang di Berbek Industri. Planogram DC sifatnya masih confidential mas, sorry…rahasia perusahaan soalnya…
          Dengan senang hati mas, saling bagi tulisan ya…

          Suka

    • Bener mas, saat ini saya pegang Receiving dan Return, cukup rumit jg.
      Skrg saya lagi fokus di pengoptimalan kinerja warehouse di tempat saya, barangkali ada informasi terkait dari mas Ari untuk bisa dishare dengan saya..
      Atau mungkin ada link untuk bisa ditambahkan..?
      thanks.

      Suka

Tinggalkan komentar